DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENGETAHUAN ANEMIA DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET FE DI PUSKESMAS RAWAT INAP CEMPAKA BANJARBARU
PENGARANG:Iffa Tiya Utami
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-07-23


Latar belakang: Anemia pada kehamilan merupakan gangguan medis yang umum ditemui pada kehamilan. Pemerintah memberikan preparat Fe untuk pencegahan dan pengobatan anemia. Kemenkes menganjurkan ibu hamil mengkonsumsi tablet besi minimal 90 pil selama kehamilannya. Kepatuhan konsumsi tablet besi sangat penting bagi ibu hamil. Kepatuhan mengkonsumsi suplementasi zat besi disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah pengetahuan terhadap penyakit. Pengetahuan tentang penyakit terbukti berpengaruh positif terhadap kepatuhan.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan anemia dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet fe di Puskesmas Rawat Inap Cempaka Banjarbaru.
Metode: Desain penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 45 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner pengetahuan anemia dan kepatuhan konsumsi tablet fe.
Hasil:Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan anemia dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet fe di Puskesmas Rawat Inap Cempaka Banjarbaru (p value=0,000 dan r (koefesien korelasi)=0,602)
Diskusi: Pengetahuan terhadap anemia dapat mempengaruhi kepatuhan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil di Puskesmas Rawat Inap Cempaka Banjarbaru.
Kata kunci: Tablet Fe, Pengetahuan Anemia, dan Kepatuhan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI