DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN KEPATUHAN DIET PASIEN ULKUS DIABETIKUM DI RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:Rizky Irhamni
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


ABSTRAK

GAMBARAN KEPATUHAN DIET PASIEN ULKUS DIABETIKUM

DI RSUD ULIN BANJARMASIN

Irhamni, Rizky

Latar Belakang : Diabetes mellitus bisa menjadi komplikasi apabila tidak tertangani secara baik dan benar seperti ulkus diabetikum. Pengontrolan dilaksanakan dengan pengendalian gula darah dan pemenuhan nutrisi. Kepatuhan diet sangat penting untuk menstabilkan gula darah, dan merupakan suatu hal yang harus menjadi kebiasaan pasien untuk mengikuti jadwal diet.

Tujuan : Untuk mengetahui kepatuhan diet pasien ulkus diabetikum di RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode : Penelitian deskriptif kuantitatif. Responden berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Waktu penelitian pada bulan Januari – Februari. Instrument yang digunakan berupa kuesioner kepatuhan diet diabetes mellitus.

Hasil : Menunjukan gambaran kepatuhan diet pasien ulkus diabetikum di RSUD Ulin Banjarmasin dari 32 orang responden terdapat 9 responden (28.1%) kepatuhan diet kurang, 12 responden (37.5%) kepatuhan diet cukup, 11 responden (34.5%) kepatuhan diet bagus.

Diskusi: Kepatuhan diet merupakan suatu perilaku pasien yang setuju terhadap anjuran dari tenaga kesehatan yang mesti diikuti oleh pasien, perilaku yang dianjurkan ialah berbentuk pola makan serta ketepatan makan pasien diabetes melllitus.

 

 

Kata-kata kunci: Diabetes Mellitus, Kepatuhan Diet, Ulkus Diabetikum.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI