DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN INSTRUKSI CPR DENGAN PERINTAH "TEKAN SEKUAT ANDA" TERHADAP KEDALAMAN CHEST COMPRESSION ONLY PENOLONG AWAM
PENGARANG:FEBRIYANTI PARAMITA PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-13


Latar Belakang : Henti jantung merupakan suatu kondisi berhentinya kontraksi jantung secara tiba-tiba pada individu yang memiliki riwayat penyakit jantung maupun tidak. Peran masyarakat sangat krusial dalam meningkatkan harapan hidup pasien yang mengalami henti jantung di luar rumah sakit. Peningkatan peluang hidup pasien pada kondisi OHCA juga dilakukan dengan memperbaiki protokol panduan, dimana target yang ingin dicapai adalah tercapainya standar High Quality CPR. Salah satu standar High Quality CPR yang sulit dicapai adalah aspek kedalaman. Kedalaman ideal untuk resusitasi adalah antara 5-6 cm.

Tujuan : Mengetahui gambaran instruksi CPR “Tekan Sekuat Anda” pada kedalaman chest compression only penolong awam.

Metode : Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif. Dengan teknik non-probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling melibatkan 30 orang awam di Banjarbaru sebagai responden. Menggunakan lembar hasil observasi tindakanCPR. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Hasil: Menunjukkan gambarankedalaman CPR yang dilakukan oleh penolong awam di Banjarbaru dari 30 orang responden hanya 15 responden (50,0%) yang memenuhi dan 15 responden (50,0%) lainnya tidak memenuhi standar AHA.

Pembahasan: 50% responden mengatakan bahwa fokus terhadap instruksi “Tekan Sekuat Anda” yang telah diberikan sehingga kompresi dada yang dilakukan tepat, sedangkan 50% lainnya mengatakan ragu untuk menekan maneken.

 

Kata Kunci: CPR, OHCA, Kompresi Dada, Penolong Awam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI