DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SOLIDARITAS SOSIAL ANTAR SESAMA PEROKOK DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD NAZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


    Mahasiswa sering di kaitkan dengan tugas-tugas kelompok yang mengharuskan mereka untuk melakukan perkumpulan-perkumpulan dalam menyelesaikan suatu tugas dan berbagai kegiatan yang mereka dapat dalam menempuh perkuliahan. Solidaritas sosial pada mahasiswa program studi pendidikan sosiologi terutama mahasiswa perokok terlihat pada aktivitas merokok yang sering mereka lakukan bersamaan dengan kegiatan-kegiatan didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk solidaritas sosial antar sesama perokok dikalanagan mahasiswa dan untuk mngetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terbentuknya solidaritas sosial antar sesama perokok dikalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM Banjarmasin.

           Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Pengujian keabsahan data yang dilakukan yakni: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi (waktu dan teknik), dan menggunakan bahan referensi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bentuk-bentuk solidaritas sosial antar sssama perokok dikalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM Banjarmasin ada tiga yakni: berkumpul bersama, bermain game online dan mengerjakan tugas bersama, (2) faktor-faktor yang melatarbelakangi terbentuknya solidaritas sosial antar sesama perokok dikalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM Banjarmasin yakni: Pengaruh perasaan positif, satu program studi, dan pengaruh lingkungan pertemanan.

         Adapun saran pada penelitian ini untuk mahasiswa perokok di program studi pendidikan sosiologi terkhusus angkatan 2017 tetap jaga keharmonisan, kesetiakawanan dan selalu jaga kebersamaan agar terjaganya solidaritas yang sudah ada dalam diri dan saran untuk peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian lebih mendalam terhadap Solidaritas pada mahasiswa perokok dapat melihat dari aspek kebersamaan, kesetiakawanan dan rasa sepenanggungan yang mereka miliki.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI