DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PELEBARAN TEBAL PERKERASAN BETON KM-4 DESA LEMO SEBERANG KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:SONIA FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


 

ABSTRAK

 

Jalan merupakan prasarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan mobilisasi keseharian sehingga voume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut mempengaruhi kapasitas dan kemampuan dukungnya. Dengan seiringnya perkembangan di Kabupaten Barito Utara salah satunya jalan yang berada di Desa Lemo menjadi jalan alternatif menuju ruas jalan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

 

Perencanaan pelebaran pada jalan Desa Lemo memiliki tujuan untuk menentukan tebal perkerasan kaku yang mana berpedoman pada Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017dan dikontrol menggunakan pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 lalu setelah itu menghitung Rencana Anggaran Biaya pada pelebaran jalan perkerasan beton Km 4 Desa Lemo Seberang.

 

Pada perencanaan tebal struktur perkerasan kaku dengan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017 didapat pelat beton = 26,5 cm; lapis pondasi LMC = 10 cm; lapis Drainase = 15 cm dan dengan menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasaan Jalan Beton Semen Pd T-142003 didapat pelat beton = 25 cm; lapis pondasi = 10 cm. Selain itu, untuk data kondisi dilapangan berupa pelat beton = 25 cm; lapis beton K-125 = 10 cm, kemudian diambil tebal perkerasan yang efisien yaitu dengan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 yang mana lebih efisien dibanding dengan kondisi dilapangan. Dan juga didalam penulisan tugas akhir ini juga membahas tentang Rencana Anggaran Biaya pada pelebaran jalan perkerasan beton KM 4 Desa Lemo Seberang Kabupaten Barito Utara.

 

 

 

Kata Kunci: Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017, Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003, Rencana Anggaran Biaya

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI