DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisa Desain Geotextile Wall pada Tebing Sungai Barito Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah
PENGARANG:RIZQA DILLANISYIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


ABSTRAK

Pemerintah Kabupaten Barito Utara ingin melakukan pembangunan ruang terbuka hijau pada tepi sungai Barito Kota Muara Teweh. Maka untuk merealisasikan keinginan tersebut, permukaan lereng tepi sungai yang semula miring perlu dibuat menjadi lereng tegak setinggi 18 meter. Dengan kondisi timbunan yang tinggi serta kemiringan lereng yang curam, maka terdapat adanya potensi kelongsoran dan penurunan. Diperlukan solusi untuk meminimalisir potensi tersebut, salah satunya dengan membangun konstruksi perkuatan dinding penahan tanah pada lereng.

Konstruksi perkuatan pada lereng tegak yang digunakan yaitu geotextile wall. Perancangan ini diawali dengan pengumpulan data tanah dasar di lapangan dan laboratorium yang kemudian data tersebut divisualkan dalam bentuk stratigrafi. Setelah itu, menentukan jenis tanah timbunan, pembebanan dan tipe geotekstil yang akan digunakan dalam perancangan. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan stabilitas internal untuk mengetahui jarak serta panjang geotekstil tertanam dan perhitungan stabilitas eksternal untuk mengetahui keamanan terhadap guling, geser, dan daya dukung. Terakhir, dilakukan perhitungan stabilitas keseluruhan menggunakan software GeoStudio 2012 untuk mendapatkan safety factor dari perancangan.

Berdasarkan hasil analisa, dapat diketahui bahwa geotekstil berjenis woven dengan tipe Stabilenka GTW 150/45 yang diproduksi oleh HUESKER cocok digunakan pada perkuatan lereng tegak yang tinggi. Berdasarkan perhitungan stabilitas internal geotekstil tersebut, diperlukan 23 lapisan yang terdiri dari 4 lapisan dengan Sv = 1,5 m dan L = 32 m, 5 lapisan dengan Sv = 1 m dan L = 30 m, 6 lapisan dengan Sv = 0,5 m L = 28 m, dan 8 lapisan dengan Sv = 0,5 m dan L = 25 m. Hasil perhitungan stabilitas eksternal untuk stabilitas guling didapatkan SF sebesar 23,98 > 2 , untuk stabilitas geser didapatkan SF sebesar 1,633 > 1,5, dan daya dukung tanah didapatkan SF sebesar 4,38 > 3.

Kata kunci: geotextile wall, stabilitas lereng.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI