DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Zonasi Perikanan Tangkap Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimanta Selatan
PENGARANG:INDRA WIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


 

Indra Wijaya Program Studi Perikanan Tangkap, Jalur Zonasi Perikanan Tangkap Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan di awah bimbingan Irhamsyah, sebagai ketua dan Eka Anto Supeni, sebagai anggota pembimbing. 

Luas zona perikanan berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 155.862,73 ha atau 86,75% dari luas total wilayah konservasi, dengan rincian di wilayah kawasan konservasi di Tanah Bumbu sebesar 13.972,81ha (74,52% di wilayah Tanah Bumbu). Tujuan penelitian Mengetahui jalur zonasi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Menganalisis faktor yang menyebabkan adanya jalur zonasi penangkapan di Kabupaten Tanah Bumbu, Membuat peta jalur zonaso penangkapan di Kabupaten Tanah Bumbu, Pemetaan alat tangkap dan daerah penangkapan di perairan laut Kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode studi kasus dan metode observasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Jalur Zonasi Penangkapan Kabupaten Tanah Bumbu Peraturan daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 13 tahun 2018 mengenai zonasi wilayah pesisir dan pulau - pulau kecil Kabupaten Tanah Bumbu ada 2  lokasi zona perikanan tangkap perbatasan kintap dan satui angsana, laut Jawa muara selatan laut, Penyebab Adanya Jalur Zonasi Penangkapan di Kabupaten Tanah Bumbu agar tidak terjadi penangkapan berlebihan pada suatu daerah perairan secara terus – menerus yang dapat mengurangi populasi ikan, Pembuatan Peta Jalur Zonasi Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu pada proes pembuatan pata perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, menggunkan alat bantu yaitu GPS untuk pengambilan data titik koordinat, serta ArcGis/ArcMaps untuk pembuatan peta jalur zonasi penangkapan. Serta pengambilan data juga didapat dari koordinat WPP-RI dari pihak PPI Batulicin dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi. Pemetaan Alat Tangkap dan Daerah Penangkapan Ikan di Perairan Laut Kabupateb Tanbah Bumbu pembuatan peta daerah penangkapan Kabupaten Tanah Bumbu, terbagi menjadi beberapa bagian seperti gambar pada peta, dengan menampilkan keterangan progran studi dan universitas, judul peta, keterangan peta, lagenda dan diagram lokasi. Pada bagian keterangan peta terdapat arah mata angin memiliki sekala 1 : 500.000, 1 cm dalam peta setara dengan 10 km di lokasi pengambilan data, jenis kertas yang digunakan dalam pembuatan peta A4.

Kata kunci : Jalur Zonasi Penangkapan, Faktor Penyebab Jalur Zonasi Penangkapan, Peta Jalur Penangkapan, Pemataan alat tangkap dan Daerah Penangkapan Ikan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI