DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA PESILAT UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:NUR PADILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


ABSTRAK

Nur Padilah, NIM 1810122310054, 2022.Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Pesilat Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Sunarno Basuki, Drs. M.Kes,. AIFO. Pembimbing: (II) Dr. Eka Purnama Indah, S.Pd., M.Pd.

 

Berdasarkan dari permasalahan di atas, adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalahuntuk mengetahui ada tidaknya hubungan kekuatan otot tungkai dan kelincahan terhadap kecepatan tendangan sabit pesilat UKM PSHT ULM.

Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini metode penelitian korelasi dengan teknik pelaksanaan melalui tes dan pengukuran. PopulasipadapenelitaniniadalahseluruhpesilatUKMPSHT ULM wilayah Banjarbaru yang berjumlah 13 orang dan yang menjadisampel penelitian berjumlah 13 orang menggunakan teknik total sampling(sampling jenuh).

Dari hasilanalisis uji hipotesis pada kekuatan otot tungkai terhadap kecepatan tendangan sabit menunjukkanbahwa nilai rhitung (Pearson Correlation) = 0.831. Maka dapat dikatakan bahwaada hubungan antara kekuatan otot tungkai (X1)terhadap kecepatan tendangan sabit (Y)pada pesilat UKM PSHT ULM dan dinyatakan bahwa tingkat hubungannya yaitu “Sangat Kuat”. Kemudian untuk hasilanalisis uji hipotesis kelincahan terhadap kecepatan tendangan sabit dengan nilai rhitung (Pearson Correlation) = 0.623. Maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara kelincahan (X2)terhadap kecepatan tendangan sabit (Y)pada pesilat UKM PSHT ULM dan dinyatakan bahwa tingkat hubungannya yaitu “Kuat”.

Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan sebagai beriikut: Ada hubungan kekuatan otot tungkai dan kelincahan secara bersama-sama dengan kemampuan kecepatan tendangan sabit pada pesilat UKM PSHT ULM.

Kata Kunci: Kekuatan Otot Tungkai, Kelincahan, dan Kecepatan Tendangan Sabit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI