DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BUMDES JADI BERKAH DI DESA SUNGAI TURAK KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MILANDA NORAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


ABSTRAK

Milanda Noraini, NIM.171041320031,2022. Judul:“PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BUMDES JADI BERKAH DI DESA SUNGAI TURAK KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA”, di bawah bimbingan Bapak Pathurrahman S.Sos., M.A.

 

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga yang didirikan atau dibentuk oleh pemerintahan desa yang kepemilikan modal dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat desa. Pendirian BUMDes harus disertai dengan penguatan kapasitas dan dukungan penuh baik dari pemerintah desa maupun masyarakat desa. Oleh karena itu, partisipasi merupakan hal yang penting dalam kaitannya dengan program BUMDes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengelolaan BUMDes di Desa Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif- kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui informan dengan cara purposive sampling yang berjumlah  orang. Setelah data terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Dan uji kreadibilitas data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa partispasi masyarakat dalam pengelolan BUMDes Jadi Berkah di Desa Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara dianggap masih sangat rendah . hal ini terlihat dari beberapa, yakni: Pertama, dari Participation in Decision Making / Partisipasi dalam Pengambilan Keputusan, terlihat hanya ada beberapa masyarakat yang tanggap (kurang efektif) dalam pengambilan keputusan karena hanya orang tertentu saja yang diberikan kesempatan untuk mengemukakan pandapat dan sebagian besar masyarakat memilih untuk menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pemerintah desa. Kedua, Participation in Implementation / Patisipasi dalam Pelaksanaan, dapat diketahui bahwa masyarakat desa Sungai Turak ikut berkontribusi dalam pelaksanaan BUMDes namun keterlibatan masyarakatnya yang berpartisipasi masih sangat sedikit, serta minimnya informasi menganai BUMDes dari pemerintah desa yang tidak pernah mengadakan sosialisasi khusus mengenai BUMDes kepada masyarakat, hal ini yang menyebabkan masyarakat kurang tertarik dengan BUMDes. Ketiga, Participation in Benefits / Partisipasi dalam pengambilan manfaat, dilihat dari kualitas dan kuantitas yang dihasilkan sudah cukup mengalami peningkatan. Namun belum efektif dilihat dari pencapaian hasil yang belum mendapatkan kepuasan dari para pengelola dan tidak sesuai dengan target yang diharapkan, karena PAD yang masih rendah sehingga tujuannya belum dapat dirasakan oleh masyarakat. Keempat, dari Participation in Evaluation / Partisipasi dalam evaluasi, dimana tidak adanya keterlibatan masyarakat dalam mengawasi proses berjalannya BUMDes baik itu memberikan saran, atau kritikan mengenai pengelolaan BUMDes Jadi Berkah.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat BUMDes di Desa Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara disarankan kepada pemerintah desa agar memberikan pelatihan khusus mengenai pelaksanaan BUMDes. Kemudian kepada Kepala Desa Sungai Turak agar memilih pengurus BUMDes yang memiliki kemampuan dan semangat wirausaha. Adapun pelaksana operasional BUMDes agar lebih dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan tupoksi. Berikutnya kepada masyarakat agar lebih mendukung dan ikut serta dalam pengembangan BUMDes.

Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan, Badan Usaha Milik Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI