DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Minat Menjadi Guru Dan Efektifitas Pembelajaran Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Ulm
PENGARANG:SENO WAHYUDI ATMOJO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


Seno Wahyudi Atmojo,2021 Analisis Minat Menjadi Guru Dan Efektifitas Pembelajaran 

Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip 

Ulm. Skripsi, program studi pendidikan ekonomi, FKIP Universitas Lambung 

Mangkurat Banjarmasin. Dibawah bimbingan Mahmudah Hasanah, M.Pd sebagai 

pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Minat menjadi Guru 

pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP ULM angkatan tahun 2017, 2) Untuk 

mengetahui Efektivitas Pembelajaran Microteaching pada mahasiswa pendidikan 

ekonomi FKIP ULM angkatan tahun 2017, 3) Untuk mengetahui kesiapan mengajar 

mahasiswa Pendidikan ekonomi FKIP ULM angkatan tahun 2017, 4) Untuk 

mengetahui ada tidaknya pengaruh efektifitas pembelajaran Microteaching terhadap

kesiapan pembelajaran mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP ULM angkatan tahun 

2017, 5) Untuk mengetahui ada tidaknya pegaruh minat menjadi guru terhadap

kesiapan mengajar mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP ULM angkatan 

tahun 2017, 6) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektifitas pembelajaran 

Microteaching dan minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar mahasiswa 

Pendidikan ekonomi FKIP ULM angkatan tahun 2017.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian 

diambil semua mahsiswa pendidikan ekonomi yang masih aktif 2020 dan telah 

mengambil mata kuliah micoteaching 638 mahasiswa menggunakan rumus solvin 

(2011:87) sehinga menjadi 87 responden, teknik pengumpulan data menggunakan 

kuesioner (angket) dan dokumentasi. 

Hasil dari analisi deskriptif menunjukan bahwa adanya pengaruh positif 

antara variabel minat terhadap kesiapan mengajar yang dukung dengan hasil 

perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,585 dimana nilai probabilitas kefisien 

korelasi (p) = 0,000 < α = 0,05 dengan demikian ada pengaruh antara minat menjadi 

guru terhadap kesiapan mengajar, dan variabel pembelajaran microteaching 

mempunyai pengaruh yang positif dibuktikan dengan perhitungan koefisiensi 

korelasi sebsar 0,594 dan nilai probabilitas kefisien korelasi (p) = 0,000 < α = 0,05 

dengan demikian ada pengaruh antara pengajaran microteaching terhadap kesiapan 

mengajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI