DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Pelaksanaan CPR dengan Lagu Sorry - Justin Bieber terhadap Kecepatan Kompresi Dada pada Penolong Awam
PENGARANG:RUSDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


 

Latar Belakang: Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) dengan kecepatan kompresi dada 100-120x permenit sulit dilakukan tanpa adanya panduan. Untuk mempertahankan kompresi dada tersebut, ritme dari sebuah lagu bisa membuat keterampilan dalam melakukan CPR Hands Only menjadi stabil 100-120x permenit.

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pemberian CPR dengan lagu Sorry-Justin Bieber terhadap kecepatan kompresi dada penolong awam. 

Metode: Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis desain penelitian deskriptif dengan jumlah responden 30 dan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen yang digunakan berupa aplikasi QCPR Training. Data dianalisis menggunakan MS. Excel.

Hasil: Dari penelitian ini kecepatan kompresi memiliki hasil rata-rata 109,83 x/menit dengan kecepatan minimal 100 dan kecepatan maksimal 116 dan dengan standar deviasi 5,446. Tingkat keberhasilan responden dalam melakukan kompresi dada diketahui bahwa jumlah keberhasilan responden dalam melakukan kompresi dada dengan kecepatan sesuai standar High quality CPR AHA 100-120 x/menit sebanyak 30 responden berhasil.

Pembahasan: Kecepatan kompresi dada CPR Hands Only menggunakan lagu Sorry – Justin Bieber memiliki hasil yang baik. Variasi hasil kecepatan kompresi dada pada penelitian masih masuk ke dalam rentang 100-120 x/menit sesuai dengan standar high quality CPR. Hal ini menunjukkan gambaran bahwa saat melakukan CPR Hands Only dengan lagu “Sorry – Justin Bieber” tingkat kecepatan kompresi dada akan memenuhi standar kecepatan kompresi yang tepat.  

Kata kunci: Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), Kecepatan, Lagu. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI