DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Rendemen Dan Aktivitas Antioksidan Minyak Dedak Padi Pada Lama Penyimpanan Dan Maserasi Menggunakan Pelarut Heksana
PENGARANG:AURUMA BRILIANTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


Dedak merupakan hasil samping penggilingan padi yang Sebagian besar hanya digunakan sebagai pakan ternak. Dedak padi mengandung 15-18% lemak/minyak dan mengandung beberapa senyawa yang diperlukan bagi tubuh manusia seperti antioksidan. Minyak dedak padifmengandung antioksidan alami oryzanolhyang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta lebih efektif mencegahwradikalfbebas. Dengan mengekstraksi secara maserasi dedak padi, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan minyak dedak padi. Dedak tidak dapat disimpan terlalu lama. Apabila disimpan terlalu lama maka dapat mempengaruhi kandungan yang ada dalam minyak dedak padi yang dihasilkan seperti rendemen dan aktivitas antioksidan.

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh lama penyimpanan dedak padi dan lama maserasi dedak padi terhadap rendemen dan aktivitas antioksidan minyak dedak padi dan juga untuk menentukan lama penyimpanan dedak padi dan lama maserasi dedak padi yangmenghasilkan rendemen dan aktivitas antioksidan tinggi pada minyak dedak padi. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) dengan 2 kali ulangan. Terdiri dari 2 faktor yaitu faktor pertama (A) adalah lamapenyimpanan dedak padi (0, 2, 4, dan 6) minggu dan faktor kedua (B) adalah lama maserasi (24 dan 36) jam. Analisis data yang digunakan yaitu uji ANOVA (Analysis of Variance) dengan dilanjutkan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) untuk kadar air dedak padi, rendemen, densitas, FFA, dan aktivitas antioksidan minyak dedak padi.

Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penyimpanan dedak padi menyebabkan penurunan kadar rendemen, aktivitas antioksidan dan dapat meningkatkan kadar FFA minyak dedak padi. Begitu juga pada lama maserasi, semakin lama maserasi, dapat meningkatkan kadar rendemen dan kadar FFA dan dapat menurunkan aktivitas antioksidan minyak dedak padi. Hasil terbaik yang diperoleh penelitian yaitu rendemen sebesar 11,27% dan aktivitas antioksidan dengan inhibisi sebesar 41,69% pada lama penyimpanan dedak padi minggu ke-0 dengan lama maserasi 24 jam.

Katakunci: aktivitas antioksidan, dedak padi,lama maserasi, lama penyimpanan, rendemen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI