DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Inflasi, PDRB, dan Tingkat Upah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Pengolahan di Kota Banjarmasin
PENGARANG:Nur Athirah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-15


Nur Athirah (2022) Pengaruh Inflasi, PDRB, dan Tingkat Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Pengolahan di Kota Banjarmasin. Pembimbing: Bapak Chairul Sa'roni, SE, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inflasi, PDRB, dan Tingkat Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Pengolahan di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Dinas terkait, berupa data time series dari tahun 2005-2017 dengan objek penelitian pada industri pengolahan di Kota Banjarmasin. Terdiri dari data inflasi di Kota Banjarmasin, PDRB Sektor Industri Pengolahan atas dasar harga konstan menurut lapangan usaha, Tingkat Upah atau upah minimum yang berlaku di Kota Banjarmasin, serta tenaga yang terserap atau bekerja pada sektor industri pengolahan di Kota Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah, analisis regresi linear berganda, dengan melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa, secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Sedangkan secara parsial Inflasi berpengaruh positif signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja, PDRB dan Tingkat Upah berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja. Variabel yang paling berpengaruh terhadap Penyerapan Tenaga Kerja adalah variabel Inflasi.

Kata Kunci: Inflasi, PDRB, Tingkat Upah, Penyerapan Tenaga Kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI