DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN MURUNG PUDAK
PENGARANG:NOVIECKA WIEYANTHI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-15


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Wieyanthi, Noviecka, 2022. Hubungan Antara Kegiatan Manajerial Kepala Sekolah dan Kegiatan Supervisi Akademik Melalui Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru Sekolah Di SD Negeri Kecamatan Murung Pudak. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Wahyu, MS. Pembimbing II: Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Manajerial, Supervisi, Iklim, Kinerja Guru

 

 Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh kinerja dari individu guru Tanpa kinerja yang baik maka tujuan peningkatan mutu tidak akan dicapai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung kegiatan manajerial kepala sekolah dan kegiatan supervisi akademik melalui iklim organisasi dengan kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

 

Penelitian ini merupakan penelitian regresionaldengan pendekatan kuantitatifyang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis).  Populasi penelitian sebanyak 251 guru dari 24 sekolah dan diambil 154 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik simple proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti kegiatan manajerial kepala sekolah (X1) dengan kinerja (Y) sebesar 0,305, kegiatan manajerial kepala sekolah (X1) dengan iklim organisasi (Z) sebesar 0,305, supervisi akademik (X2) dengan kinerja guru(Y) sebesar 0,269, supervisi akademik (X2) dengan iklim organisasi(Z) sebesar 0,462, iklim organisasi (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,313, kegiatan manajerial kepala sekolah (X1)melalui iklim organisasi (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,095 dan supervisi akademik (X2) melalui iklim organisasi (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,145.

 

.Kesimpulan penelitian ini adalah deskripsi kegiatan manajerial kepala sekolah, supervisi akademik dan iklim organisasi di SDN Kecamatan Murung Pudak mayoritas termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat kinerja guru termasuk dalam kategori sedang.Terdapat hubungan langsung kegiatan manajerial kepala sekolah, kegiatan supervisi akademik dan iklim organisasi  dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung kegiatan manajerial kepala sekolah melalui iklim organisasi dengan kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak. Terdapat hubungan tidak langsung kegiatan supervisi akademik melalui iklim organisasi dengan kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak.

 

Saran kepada kepala sekolah meningkatkan kemampuan untuk mengelola hubungan dengan orang lain dan memahami berbagai faktor yang membuat dirinya disukai dan kemampuan menjalin komunikasi yang baik, menindaklanjuti hasil supervisi akademik sesuai fungsi dan manfaatnya dan untuk meningkatkan kinerja guru. guru meningkatkan profesionalismenya dalam pembelajaran seperti penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI