DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKONOMI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:Yulia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-15


Yulia. 2022. Aktivitas Ekonomi Masyarakat Bantaran Sungai Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M. Pd dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy M. Pd

Menjalankan usaha warung kelontong di bantaran sungai kelurahan Banua Anyar dapat memenuhi kebutuhan hidup namun kendala yang saat ini dihadapi pemilik yaitu kenaikan harga barang dagangan sehingga harus menambah modal usaha sedangkan pemilik warung memiliki keterbatasan modal. Beberapa barang dagangan sulit didapatkan sehingga terhambatnya kegiatan pendistribusian pada warung kelontong.  Pada Aktivitas ekonomi warung kelontong yaitu terdapat kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Aktivitas ekonomi berupa kegiatan produksi,distribusi dan konsumsi pada warung kelontong dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian:  1) Mengetahui aktivitas ekonomi pada warung kelontong bantaran sungai kelurahan Banua Anyar. 2) Mengetahui aktivitas ekonomi pada warung kelontong bantaran sungai kelurahan Banua Anyar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.  Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi. Pada triangulasi yaitu yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian terdapat 1). Warung kelontong merupakan warung penyedia kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti sembako. Aktivitas ekonomi pada warung kelontong yaitu kegiatan produksi ada barang dagangan di produksi sendiri, kegiatan distribusi pada warung kelontong barang dagangan didistribusikan kepada masyarakat sekitar dan wisatawan. Konsumsi dilakukan oleh masyarakat dan pemilik warung kelontong. Warung kelontong merupakan usaha yang dilakukan masyarakat bantaran sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup. 2). Aktivitas ekonomi dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang kontekstual dikaitkan dengan materi kegiatan ekonomi yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi, materi aktivitas manusia memenuhi kebutuhan hidup dan materi interaksi sosial VII.

 

Kata Kunci: Aktivitas ekonomi, Warung kelontong, Sumber belajar IPS

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI