DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI MARTAPURA KELURAHAN BANUA ANYAR TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN TENTANG PENGELOLAAN SUNGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MARLIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-15


Marlia.2022.Perubahan Perilaku Masyarakat Bantaran Sungai Martapura Kelurahan Banua Anyar Terhadap Kebijakan Pemerintah Kota Banjarmasin Tentang Pengelolaan Sungai Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M. Pd.

          Sungai berpengaruh pada kehidupan masyarakat di sekitar bantaran. Pengelolaan terhadap sungai sangat penting, PERDA Kota Banjarmasin Nomor 15 Tahun 2016 adalah upaya pemerintah Kota Banjarmasin untuk memelihara sungai. Adanya adaptasi yang dilakukan masyarakat menghasilkan perubahan pada perilaku. Adaptasi dan perubahan perilaku masyarakat bantaran sungai dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan adaptasi dan perubahan perilaku masyarakat bantaran sungai Martapura Kelurahan Banua Anyar terhadap kebijakan Pemerintah Kota Banjarmasin tentang pengelolaan sungai 2) Mendeskripsikan adaptasi dan perubahan perilaku masyarakat bantaran sungai Martapura Kelurahan Banua Anyar terhadap pengelolaan sungai sebagai sumber belajar IPS.

          Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan adaptasi dan perubahan perilaku masyarakat sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada masyarakat sekitar bantaran sungai, wawancara dengan masyarakat bantaran sungai, Aparatur Kelurahan, dan guru IPS, serta dokumentasi berupa foto hasil wawancara. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data berupa uraian, tabel, dan gambar, serta verifikasi data dengan menarik kesimpulan.

          Hasil penelitian adanya adaptasi dan perubahan perilaku yang terjadi di masyarakat bantaran sungai. 1) Upaya mengelola sungai yaitu adanya kegiatan membersihkan sungai dan penyediaan tempat sampah. Perubahan pada perilaku masyarakat yaitu membuang sampah ke tempat yang disediakan serta penggunaan jamban dan WC. 2) Adaptasi dan perubahan perilaku ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang bersifat kontekstual pada materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan dan materi Perubahan Sosial Budaya.

 

Kata Kunci: Perubahan Perilaku Masyarakat, Pengelolaan Sungai, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI