DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KELOMPOK USAHA KERUPUK IKAN DI KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:RISKI NORSELI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-15


Norseli R. 2022. Kelompok Usaha Kerupuk Ikan Di Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd

Kurangnya pendapatan bagi anggota keluarga dapat mendorong manusia agar berpikir bagaimana memenuhi kehidupan dengan melakukan kegiatan ekonomi  dengan bergabung kedalam kelompok usaha melalui aspek produksi, distribusi dan konsumsi. Melalui kegiatan tersebut memberikan ruang untuk guru mengembangkan materi dengan menambahkan contoh-contoh yang ada di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan bagaimana kelompok usaha  kerupuk ikan di kelurahan banua anyar. 2) Mendeskripsikan bagaimana keterkaitan kelompok usaha kerupuk ikan di kelurahan banua anyar sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan ekonomi kelompok usaha kerupuk ikan dari segi produksi, distribusi dan konsumsi secara holistik. Subjek dalam penelitian yaitu: pemilik usaha kerupuk ikan, dinas perikanan, masyarakat dan juga tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan lokasi usaha kerupuk ikan dan wawancara dengan pemilik usaha kerupuk ikan, Dinas Perikanan, sekretaris lurah, dan masyarakat. Serta dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data berdasarkan maksud tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan uraian dilengkapi dengan tabel, gambar dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil penelitian ini terdapat 1) kelompok usaha yang memiliki kegiatan ekonomi bagaimana cara produksi, distribusi, dan konsumsi yang terjadi pada kelompok usaha kerupuk ikan. Kegiatan produksi yang dilakukan yakni pengolahan ikan menjadi kerupuk, ikan yang digunakan adalah ikan haruan atau gabus. terdapat tiga pengolah atau memproduksi dan pemilik usaha yang memproduksi olahan ikan menjadi kerupuk. Untuk kegiatan distribusi terdapat dua macam yakni distribusi langsung dan tidak langsung. sedangkan kegiatan konsumsi terdapat konsumsi langsung di rumah makan. 2) kegiatan  ekonomi yang dilakukan kelompok usaha seperti distribusi, produksi dan konsumsi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sebagai sumber belajar IPS kontekstual pada materi kegiatan ekonomi agar bertujuan untuk peserta didik memahami lingkungan sekitar bisa digunakan sebagai sumber belajar. 

 

Kata Kunci : Kegiatan Ekonomi, Kelompok Usaha Kerupuk Ikan, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI