DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Alternatif Penggunaan Bagan Tebal Perkerasan Baru Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017 Pada Ruas Jalan GUbernur Soebardjo, Kota Banjarmasin.
PENGARANG:Fahruzzaini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-16


Jalan merupakan suatu prasarana perhubungan darat yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya jalan maka akses logistik dari satu tempat ke tempat lain akan lebih cepat dan mudah, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Dalam pembangunan saat ini, perkembangan jumlah penduduk menjadi masalah besar. Untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah mengusahakan pemerataan pembangunan untuk setiap kawasan, terutama pembangunan jalan yang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas penduduk kota. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa tebal lapis perkerasan dengan metode Manual desain Perkerasan Jalan 2017, membandingkan tabel bagan lapis perkerasan, dan menghitung rencana anggaran biaya setiap bagan yang dipilih.

Untuk menunjang studi ini diperlukan beberapa data seperti : data volume lalu lintas, CBR, dan juga data analisa harga satuan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI. Dari hasil data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisa. Pada perhitungan perkerasan lentur jalan baru mengunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Pada perhitungan ini menghasilkan empat alternatife bagan desain perkerasan lentur, dari empat bagan tersebut dianalisa kembali untuk dipilih yang mana lebih cocok untuk digunakan pada ruas jalan yang ditinjau. Dan untuk rencana anggaran biaya menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan 2019.

Dari hasil perencanaan Jalan Gubernur Soebardjo. Kota Banjarmasin menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Tahun 2017, ada 2 alternatif perkerasan, kebutuhan lapis perkerasan HRS-WC 30 mm, HRS-BASE 35 mm, LFA kelas A 250 mm, dan LFA kelas A atau LFA kelas B atau kerikil alam atau lapis distabilisasi dengan CBR >10% 125 mm. Kebutuhan lapis perkerasan AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-BASE 70 mm, dan LFA kelas A 300 mm. Untuk rencana anggaran biaya, bagan desain 3A, yaitu perkerasan dengan HRS total biaya yang diperlukan Rp. 3.355.945.317. Dan untuk bagan desain 3B perkerasan dengan lapis pondasi berbutir diperlukan Rp. 3.356.837.326

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI