DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DI ERA COVID-19 (RSD IDAMAN BANJARBARU)
PENGARANG:Rahadin Nur Anbiya Irawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-16


Latar Belakang: Keselamatan pasien merupakan salah satu komponen penting sebagai indikator penilaian mutu sarana pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dilakukan oleh seorang perawat dan dapat diukur melalui pengetahuan mengenai enam sasaran keselamatan pasien yang telah ditetapkan. Pengetahuan seorang perawat mengenai keselamatan pasien adalah suatu indikator penting sebagai tolak ukur untuk mendorong pelaksanaan program patient safety.

Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan perawat tentang patient safety di era covid-19 RSD Idaman Banjarbaru.

Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif non-eksperimental dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Responden pada penelitian ini adalah seorang perawat sebanyak 122 sampel di ruang rawat inap RSD Idaman Banjarbaru. Pengukuran tingkat pengetahuan perawat menggunakan instrumen kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan perawat tentang patient safety seluruhnya berada pada kategori baik sebanyak 122 (100%) responden.

Diskusi: Tingkat pengetahuan perawat yang baik tentang patient safety memiliki pengaruh dalam penilaian mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Seorang perawat disarankan dapat meningkatkan dan mempertahankan pengetahuan nya tentang patient safety dalam melaksanakan manajemen keselamatan pasien.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI