DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Kondisi Umum Pasien Post Icu : Literture Review
PENGARANG:EVI NOVIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-17


Latar Belakang: Pasien yang kondisinya telah membaik dan telah dipindahkan dari ruang ICU menghadapi masalah setelah keluar dari rumah sakit. Selain peningkatan mortalitas secara keseluruhan dan tingkat masuk kembali ke rumah sakit, pasien sering mengalami kesulitan dalam fungsi fisik, kognitif, dan kesehatan mental

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi umum pasien post ICU dan faktor-faktor yang memengaruhi kondisi umum pasien post ICU.

Metode: Penelitian dilakukan dengan literature review menggunakan jenis artikel kuantitatif. Lima artikel diidentifikasi dari database Google scholar dan Pubmed dalam rentang tahun 2010-2021 dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Checklist for Cohort Studies

Hasil:Berdasarkan 5 artikel yang telah ditelaah, ditemukan beberapa gambaran kondisi umum pasien post ICU diantaranya yaitu nyeri, gangguan fungsi fisik, gangguan kesehatan mental. Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi kondisi umum pasien post ICU meliputi LOS di ICU atau Rumah Sakit, keparahan penyakit, pengalaman nyeri, kondisi psikologis, kondisi sosial, kualitas lingkungan, penyakit penyerta, dan usia.

Pembahasan: Gambarankondisi umum pada pasien post ICU ialah meliputi nyeri, hambatan dalam aktivitas sehari-hari, gangguan fungsi fisik, dan gangguan kesehatan mental. Adapula faktor-faktor yang memengaruhi kondisi umum pasien post ICU meliputi LOS di ICU atau Rumah Sakit, keparahan penyakit, pengalaman nyeri, kondisi psikologis, kondisi sosial, kualitas lingkungan, penyakit penyerta, dan usia.

 

Kata kunci: kondisi umum, pasien post ICU, post ICU

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI