DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGGUNAAN METODE SPRINGATE UNTUK MENGETAHUI POTENSI TERJADINYA FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PARIWISATA, RESTORAN DAN HOTEL PERIODE 2018-2020
PENGARANG:Cindy Diandra Puteri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-17


Cindy Diandra Puteri (2022). Analisis Penggunaan Metode Springate untuk Mengetahui Potensi Terjadinya Financial Distress pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Hotel Periode 2018-2020. Pembimbing: Ali Sadikin, SE, MM.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya potensi Financial Distress (kesulitan keuangan) pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Hotel Periode 2018-2020.

Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang di publikasikan di website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Hotel Periode 2018-2020. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sensus sampling sehingga didapat 36 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rasio keuangan Metode Springate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi.

Hasil kesimpulan dari penelitian ini pada tahun 2018 terdapat 10 perusahaan berada pada kondisi Non Financial Distress (tidak mengalami kesulitan keuangan) dan terdapat 26 perusahaan yang diprediksi mengalami Financial Distress (kesulitan keuangan). Pada tahun 2019 terdapat 9 perusahaan berada pada kondisi Non Financial Distress (tidak mengalami kesulitan keuangan) dan terdapat 27 perusahaan yang diprediksi mengalami Financial Distress (kesulitan keuangan). Kemudian pada tahun 2020 tidak ada satupun perusahaan yang berada pada kondisi Non Financial Distress (tidak mengalami kesulitan keuangan) dan terdapat 36 perusahaan yang diprediksi mengalami Financial Distress (kesulitan keuangan).

Kata Kunci: Financial Distress, Metode Springate

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI