DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENAMBAHAN ABU SEKAM DAN FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH
PENGARANG:RIZKY AIDINA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-07-23


RIZKY AIDINA. Penambahan Abu Sekam dan Fosfor Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Tanah, dibawah bimbingan Bambang Fredrikus Langai dan Akhmad Rizalli Saidy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi pemberian abu sekam dengan pupuk fosfor terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah dan untuk mengetahui pengaruh mandiri abu sekam dan fosfor masing-masing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jl. R.O. Ulin Loktabat Selatan, Banjarbaru Selatan dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2017.
Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama adalah abu sekam (a) dengan 3 taraf yaitu 0 t/ha, 4 t/ha, dan 8 t/ha dan faktor kedua adalah pupuk P (p) dengan 4 taraf yaitu 0 P2O5, 36 kg/ha P2O5, 54 kg/ha P2O5, dan 72 kg/ha P2O5 yang diulang 3 kali. Pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga, jumlah polong per tanaman, jumlah polong isi, jumlah polong hampa, jumlah biji per polong, bobot 100 butir, dan hasil berat pipilan kering.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa interaksi abu sekam dengan pupuk P, dan pengaruh mandiri abu sekam dan pupuk P masing-masing tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga, jumlah polong per tanaman, jumlah polong isi, jumlah polong hampa, jumlah biji per polong, bobot 100 butir, dan hasil berat pipilan kering.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI