DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis SDGs (Sustainable Developmnt Goals) di Desa Bakarangan Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin
PENGARANG:NISSA FEBRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-17


ABSTRAK

Nissa Febriani, 1710413320033, 2022, Skripsi, Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) Di Desa Bakarangan Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Sandra Bhakti Mafriana, M.Si

Perencanaan pembangunan adalah suatu pengarahan penggunaan sumber-sumber pembangunan yang terbatas adanya untuk mencapai tujuan-tujuan keadaan sosial ekonomi yang lebih baik secara lebih efektif dan efisien. Salah satu wujud nyata dari perencanaan pembangunan berkelanjutan adalah melalui Program SDGs (Sustainable Development Goals) yang mulai dijalankan sejak tahun 2016 dan berakhir di tahun 2030. Tujuannya terbagi menjadi 18 tujuan SDGs (Sustainable Development Goals). Tiap tujuan SDGs diharapkan dapat membantu perkembangan desa, terutama Desa Bakarangan untuk menjadi Desa yang lebih baik dari segi ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa perencanaan SDGs (Sustainable Development Goals) di desa bakarangan baik dari tahap perencanaan, hingga pendataan yang dilakukan oleh Desa Bakarangan Kabupaten Tapin Kecamatan Bakarangan masih dinilai kurang. Hal ini ditinjau dari proses perencanaan hingga pendataan yang kurang memadai, sehingga data tidak dapat disajikan kepada peneliti dengan benar dan baik. Dari 18 tujuan SDGs, hanya 11 tujuan yang memiliki data berdasarkan hasil yang diambil dari peneliti dilapangan.

Penelitian ini menyarankan agar Desa Bakarangan perlu membuat pedoman atau standar khusus dalam proses perencanaan agar perencaan yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan ketentuan. Sehingga data yang dihasilkan dari 18 tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) dapat terpenuhi dengan baik dan benar.

 

Kata kunci: Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Desa Bakarangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI