DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP ASPEK KUALITAS PELAYANAN PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN BIDANG EKONOMI (Studi Kasus PT. Jorong Barutama Greston Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut)
PENGARANG:SYAHRUDI HERMAWAN
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-07-23


Tujuan Penelitian ini: (1) Untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat
yang mencakup Analisis kesenjangan, kesesuaian, dan analisis kuadran terhadap
tingkat kepuasan masyarakat terhadap aspek kualitas pelayanan program
pemberdayaan ekonomi, (2) Untuk mengetahui kebutuhan/harapan apa yang
dinginkan masyarakat terhadap program pemberdayaan ekonomi.
Penelitian dilaksankan di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.
Mulai bulan Mei 2017 sampai April 2018, dari pembuatan proposal sampai hasil
akhir. Menggunakan metode survei, populasinya penerima bantuan
pemberdayaan ekonomi yaitu program pegolahan ikan, pupuk bokashi, budidaya
perikanan, perkebunan pisang, peternakan ayam yang setiap bidang diambil
dengan teknik penarikan contoh acak berkelompok yaitu mengambil secara acak
proporsional berdasarkan kelompok setiap program hingga jumlah sampel 30
orang.
Untuk menjawab tujuan pertama, data diolah dan dianalisis menggunakan
alat analisis Importance Performance Analysis (IPA) yang terdiri dari analisis
kesenjangan, analisis kesesuaian, dananalisi kuadran terhadap tingkat kepuasan
masyarakat. Sedangkan untuk menjawab tujuan kedua akan diketahui
berdasarkan identifikasi hasil survey dan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat
yang akan dijabarkan secara deskriptif.
Adapun hasil dari tujuan pertama, IKM menunjukan tingkat kepuasan
kinerja 24 atribut, skor rata-ratanya 3,14 “cukup puas” (Kategori Cukup Puas:
2,60-3,39). Sedangkan skor rata-rata tingkat kepentingannya 4,20 “sangat
penting” (Kategori Sangat Penting: 4,20-5,00). Serta skor indeks kepuasan
masyarakat (IKM) adalah 0,63 dengan kriteria “cukup puas” (Kriteria cukup puas:
0,51-0,65).
Hasil penelitian dari tujuan kedua yaitu saran dan harapan masyarakat
pada program pemberdayaan bidang ekonomi PT Jorong Barutama Greston
menerangkan bahwa (1) Pengolahan hasil perikanan, Kesederhanaan prosedur
dirasa belum sesuai harapan. Masyarakat ingin disediakan format baku proposal.
Serta masyarakat berharap untuk dibantu alat simpan Frezer yang cukup besar
agar mampu menampung ikan lebih banyak saat musim ikan.(2) Peternakan ayam,
Kesamaan perlakuan dirasa belum sesuai harapan, karena belum meratanya
bantuan seperti peralatan sarana produksi ke seluruh anggota kelompok. (3)
Budidaya perikanan, Manfaat meningkatnya pendapatan dirasa belum sesuai
harapan, karena masih terkendala pemasaran hasil perikanan terutama di desa
Karang Rejo. Masyarakat berharap perusahaan dapat membantu memasarkan
maupun menyerap sendiri hasil perikanan masyarakat. (4) Perkebunan pisang,
Manfaat meningkatnya pendapatan masih belum sesuai harapan karena masih
minim, Pisang baru menghasilkan apabila usianya telah 1 tahun lebih. Untuk
mengatasi kendala itu disarankan pola tumpang sari. (5) Pembuatan pupuk
bokashi, masyarakat ingin mengetahui anggaran pembinaan setiap program. Agar
masyarakat dapat melakukan perencanaan dan pengembangan yang lebih baik
kedepanya dengan mempertimbangkan alokasi anggaran yang ada.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI