DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEPALA DESA DALAM MEWUJUDKAN DESA TANGGUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BAKARANGAN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MUHAMMAD ALI NASRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-17


ABSTRAK

 

Muhammad Ali Nasri, 1710413210017, 2022, Peran Kepala Desa Dalam Mewujudkan Desa Tangguh Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bakarangan Kabupaten Tanah Bumbu. Dibawah bimbingan Pathurrahman, S.Sos, M.A.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran kepala Desa Bakarangan dalam mewujudkan desa tangguh di masa pandemi Covid-19.. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ialah Kepala Desa, Bidan Desa, Aparat Desa, dan Guru Sekolah Dasar. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala Desa Bakarangan Dalam Mewujudkan Desa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bakarangan Kabupaten Tanah Bumbu sangat baik, yaitu dilihat dari Kepala Desa menggunakan peran dan fungsinya untuk berkoordinasi dengan bawahan dan pihak-pihak yang terkait dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kepala Desa, aparat desa, warga dan seluruh pihak yang terkait akan mengkaji dan menyesuaikan segala upaya yang dilakukan dengan kondisi Desa Bakarangan. Hal ini dilakukan Kepala Desa sebagai bentuk upaya agar dapat mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 dan sebagai upaya menjadikan Desa Bakarangan sebagai Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di masa pandemi Covid-19. Jumlah penduduk yang sedikit menjadikan masyarakat desa Bakarangan tidak ada yang terkonfirmasi Covid-19, selain itu mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, karyawan perkebunan sawit dan nelayan membuat perekonomian masyarakat masih stabil hal tersebut merupakan faktor pendukung yang menjadikan Desa Bakarangan desa yang tangguh di masa pandemi Covid-19. 

Kepada Kepala Desa Bakarangan Kabupaten Tanah Bumbu untuk tetap waspada terhadap pandemi Covid-19 dan tetap melaksanakan serta meningkatkan segala bentuk upaya utuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan selalu berkordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga Desa Bakarangan tetap menjadi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) terhadap pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: Peran, Kepala Desa, Desa Tangguh, Covid-19

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI