DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Penentuan Pemilihan Struktur Jembatan Dengan Girder Baja, Girder Beton Dan Box Culvert Non Standar (Studi Kasus Pembangunan Jalan Dan Jembatan Sei Baru - Kusan - Kodeco)
PENGARANG:HANDA FERANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-17


Penelitian ini bermaksud untuk menentukan tipe jembatan untuk 11 titik lokasi dengan bentang 8-22 m, tinggi permukaan air banjir 3-5 m. Beberapa kendala berupa lokasi berada di perbukitan, akses menuju lokasi masih sulit, tidak ada jalan alternatif menuju lokasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apa saja yang paling berpengaruh dalam pemilihan struktur jembatan, dan tipe struktur jembatan yang cocok pada Sei Baru - Kusan - Kodeco Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan analisa AHP. Responden yang dipilih merupakan orang berkompeten pada bidang jembatan dengan jumlah 40 orang terdiri dari pihak Dinas PUPR Prov. Kalsel, kontraktor, konsultan pengawas, konsultan perencanaan. Responden ini akan menilai kuesioner yang diberikan, dan data dari hasil penilaian akan dianalisa menjadi rekomendasi tipe struktur jembatan yang akan dilaksanakan pada 11 titik jembatan tersebut.

Hasil yang akan didapat berupa faktor yang berpengaruh, dan rekomendasi tipe struktur jembatan. Hasil analisa yang didapat biaya pelaksanaan 37,100% yang memiliki nilai tertinggi dan menjadi prioritas utama dalam penentuaan tipe struktur, kemudahan pelaksanaan 20,062%, sarana 16,705%, kekuatan dan mutu 10,826%, waktu pelaksanaan 9,836%, biaya pemeliharaan 5,471% sebagai nilai terendah. Rekomendasi  tipe pada jembatan 9 titik pelaksanaannya jembatan box non standar, dan 2 titik direkomendasikan pelaksanaan jembatan girder baja.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI