DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengaruh Pengurangan Air dan Nilai Abrasi Agregat Kasar Pada Beton Dengan Menggunakan Superplasticizer Viscocrete 1050 HE
PENGARANG:Krisna Varian Ardhika Prambudi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-17


ABSTRAK

Pesatnya dunia konstruksi maka penggunaan material pun akan semakin bertambah salah satunya yaitu pada penggunaan beton yang semakin banyak. Salah satu perkembangannya adalah dengan menambahkan zat aditif pada campuran beton agar mampu mencapai hasil yang diharapkan. Pada penelitian ini menggunakan Superplasticizer Viscocrete 1050 HE  yang merupakan jenis keluaran terbaru dari PT. SIKA yang memiliki kelebihan yaitu mampu mengurangi air lebih dari 30%.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengurangan air pada beton dengan menggunakan Viscocrete 1050 HE  pada kuat tekan beton dan untuk mengetahui pengaruh nilai abrasi kasar pada beton yang menggunakan Viscocrete 1050 HE . Kadar Viscocrete yaitu 1% dari berat semen dan kadar pengurangan air 0% hingga 40%. Sesuai (SNI-03-1974-1990) pengujian yang dilakukan yaitu pengujian kuat tekan beton dan kuat tarik belah beton.

            Hasil dari pengujian kuat tekan beton didapatkan hasil dengan penggunaan Superplasticizer Viscocrete 1050 HE  1% dengan pengurangan air sebanyak 35% mendapatkan nilai kuat tekan beton yang paling tinggi yaitu sebesar 40,2 MPa pada umur 28 hari untuk agregat kasar yang memiliki nilai abrasi rendah (AK1) dan untuk agregat kasar yang memiliki nilai abrasi tinggi (AK2) mendapatkan nilai kuat tekan beton sebesar 39,8 MPa pada umur 28 hari.

Kata Kunci : Pengurangan Air, Superplasticizer, Abrasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI