DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN SKALA SEDANG DAN BESAR DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Apriliana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-18


Apriliana (2022). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Pengolahan Skala Sedang dan Besar di Kalimantan Selatan. Pembimbing: Chairul Sa’roni, SE, M.Si

Penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengetahui pengaruh upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri pengolahan skala sedang dan besar di Kalimantan Selatan; (2) mengetahui pengaruh nilai output terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri pengolahan skala sedang dan besar di Kalimantan Selatan; (3) mengetahui pengaruh jumlah unit usaha terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri pengolahan skala sedang dan besar di Kalimantan Selatan.

Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda menggunakan data time series tahun 2006 hingga tahun 2019 dengan melakukan uji asumsi klasik serta uji hipotesis. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder berjenis kuantitatif diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan dari tahun 2006 hingga tahun 2019. Data yang dimaksud adalah data upah minimum, nilai output dan jumlah unit usaha.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel upah minimum dan variabel nilai output berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri pengolahan skala sedang dan besar di Kalimantan Selatan sedangkan jumlah unit usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri pengolahan skala sedang dan besar di Kalimantan Selatan. 

Kata Kunci: Penyerapan Tenaga Kerja; Upah Minimum; Nilai Output; Jumlah Unit Usaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI