DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Arus Divergent pada U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Ruas Jl. A. Yani Km. 35 Banjarbaru)
PENGARANG:DEWI SHAFITRI ARIFANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-18


Banyaknya kendaraan yang melakukan gerakan putar balik pada u-turn dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas terutama pada jam padat. Permasalahan ini juga terjadi pada u-turn ruas Jalan A. Yani Km. 35 Banjarbaru. Oleh karena, itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan oleh u-turn terhadap kinerja lalu lintas. Penelitian dilakukan pada kondisi yang terpengaruh oleh u-turn dan yang tidak terpengaruh oleh u-turn. Dari hasil analisis, model yang terpilih saat u-turn beroperasi secara normal adalah model Underwood dengan hasil Sm = 16,707 km/jam dan FC = 1392,209 smp/jam. Sedangkan model yang terpilih saat u-turn ditutup adalah model Greenshields dengan hasil Sm = 26,383 km/jam dan FC = 4576,975 smp/jam. Saat terpengaruh oleh u-turn, nilai Sm mengalami penurunan sebesar 36,68% dan nilai FC mengalami penurunan sebesar 69,58%. ITP saat u-turn beroperasi secara normal didominasi oleh tingkat E sebesar 68%, sedangkan ITP saat u-turn ditutup adalah 100% tingkat B.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI