DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI LINGKUNGAN KOMUNITAS SUNGAI WATCH PADA MASYARAKAT BALI TENTANG PENTINGNYA KEBERSIHAN SUNGAI
PENGARANG:annisa nadia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-18


ABSTRAK

 

Annisa Nadia, 1810414320010, Komunikasi Lingkungan Komunitas Sungai Watch Pada Masyarakat Bali Tentang Pentingnya Kebersihan Sungai. Dibawah bimbingan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh, S.Pd., MA.

 

Permasalahan lingkungan seringkali terjadi di berbagai wilayah Indonesia termasuk fenomena sungai tercemar seperti di Bali. Fenomena tersebut seperti mengalihfungsikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Padahal, sungai sendiri banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan kita. Untungnya, masih banyak dari masyarakat yang memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga sungai sehingga terbentuk lah komunitas peduli lingkungan, salah satunya ialah Komunitas Sungai Watch. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi lingkungan komunitas Sungai Watch pada masyarakat Bali tentang pentingnya kebersihan sungai.

Metode yang digunakan adalah pendekatan kualititaf dengan tipe deskriptif dengan informan kunci Nola Monica selaku Project Manager Komunitas Sungai Watch. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, obeservasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Menggunakan Teori Interaksi Simbolik dan Teori Difusi Inovasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi permasalahan lingkungan yaitu pencemaran sungai yang difaktori oleh kebiasaan buruk dari masyarakat tentang pengelolaan sampah. Komunitas Sungai Watch melakukan komunikasi lingkungan kepada masyarakat Bali dengan sebuah inovasi berupa pemilihan media salah satunya ialah penghalang sampah yang efektif dalam memberikan dampak baik kepada sungai yang tercemar. Komunikasi lingkungan yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat Bali tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai, memiliki respon positif bagi masyarakat dengan adanya keterlibatan mereka dan tanggapan mereka tentang komunitas Sungai Watch sebagai sesuatu yang inovatif.

Kata Kunci : Komunikasi Lingkungan, Sungai, Komunitas Sungai Watch

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI