DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN SEPAK SILA DALAM PERMAINAN BOLA BESAR MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA DI UDARA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BARABAI HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:AKHMAD FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-19


ABSTRAK

 

Akhmad Fauzan, NIM 1810122110026, 2021 Pembelajaran sepak sila dalam permainan bola besar menggunakan permainan bola di udara pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H. Muhammad Mulhim, M.Pd pembimbing (II) Arie Rakhman, S.Pd., M.Pd. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil permainan bola di udara terhadap pembelajaran permainan bola besar sepak sila pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen semu yang dilakukan secara kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Barabai. Sampel dalam penelitian ini Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan.

 Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan pembelajaran melalui permainan bola di udara pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Barabai Hulu Sungai Tengah ditandai dengan nilai rata-rata peserta didik. Pada pertemuan pertama (sebelum diberikan perlakuan) peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 73,12 jumlah peserta didik mencapai KKM 75 berjumlah 14 peserta didik dengan persentase 58%. Kondisi tersebut mengalami peninkatan pada pertemuan kedua (setelah diberi perlakuan) nilai rata-rata yang didapat 87,92% jumlah peserta didik yang mencapai KKM 75 berjumlah 24 peserta didik dengan persentase ketuntasan 100%. hal tersebut menunjukan bahwa penelitian ini dapat memberikan perubahan. 

Kata Kunci : sepak sila, melalui permainan bola di udara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI