DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA MELALUI DISIPLIN KERJA GURU SMK NEGERI SE-KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:SURATMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-19


ABSTRAK

 

Suratman. 2022. Hubungan Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Guru SMK Negeri se-Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Wahyu, MS. (II) Dr. Suhaimi, S.Pd.,M.Pd

 

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

 

Peningkatan kualitas Pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas guru. Selanjutnya kualitas guru memiliki konstribusi dan berpengaruh terhadap kinerja guru, karena guru sosok yang melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Kerja merupakan faktor yang berpengaruh dalam Disiplin Kerja, yang akan meningkatkan Kinerja Guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK Negeri Kabupaten Hulu Sungai Utara yang telah bekerja minimal 5 tahun sebanyak 199 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan proportional random sampling menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 133 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) pada aplikasi software SPSS 24.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti Kecerdasan Spiritual  (X1) dengan kinerja (Y) sebesar 0,592, Motivasi Kerja (X2) dengan Kinerja Guru (Y) sebesar 0,142, Disiplin Kerja (Z) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,250, Kecerdasan Spiritual  (X1) dengan Disiplin Kerja (Z) sebesar 0,741, Motivasi Kerja (X2) dengan Disiplin Kerja (Z) sebesar 0,255, Kecerdasan Spiritual  (X1) melalui Disiplin Kerja (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,185 dan Motivasi Kerja (X2) melalui Disiplin Kerja (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,064.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Seluruhvariabel Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Hulu Sungai Utara tergolong tinggi. (2) Terdapat Hubungan langsung: (a) Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru (b) Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru (c) Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru, (d) Kecerdasan Spiritual terhadap Disiplin Kerja, (e) Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja (3) Terdapat Hubungan tidak langsung: (a) Kecerdasan Spiritual melalui Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru (b) Motivasi Kerja melalui Disiplin Kerja terhadap Kinerja pada guru. . Saran bagi guru-guru di SMK Negeri Kabupaten Hulu Sungai Utara, agar lebih meningkatkan kecerdasan spiritual, motivasi kerja dan menjaga disiplin kerjanya, karena hal tersebut dapat meningkatkan kinerjanya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI