DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG
PENGARANG:Litha Maulidha
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-19


 

Rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika dikarenakan kebanyakan siswa sulit memahami soal analisis atau penjelasan yang diberikan oleh guru pengajar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran langsung. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan pengajaran langsung, (2) Mendeskripsikan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pengajaran langsung, (3) Mendeskripsikan keterampilan prosedural siswa selama proses pengajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes tertulis, lembar keterlaksanaan RPP, dan lembar keterampilan prosedural. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Peningkatan keterlaksanaan RPP model pengajaran langsung meningkat setiap siklusnya, dimana pada siklus I sebesar pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 masing – masing 86,54 % dan 89,02 %, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 masing – masing 89,34 % dan 92,26 %, (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pengajaran langsung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dimana ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 21,73% dan pada siklus II sebesar 73,91 %, (3) Keterampilan prosedural siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I terdapat 10 siswa dengan kategori sangat terampil, 9 siswa dengan kategori terampil dan 4 siswa dengan kategori cukup terampil sedangkan pada siklus II terdapat 14 siswa dengan kategori sangat terampil dan 9 siswa dengan kategori terampil.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI