DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PT BORNEO ALAM SEMESTA, DESA SWARANGAN, KECAMATAN JORONG, KABUPATEN TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MAULANA
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-23


PT Borneo Alam Semesta merupakan kontraktor penambangan dari PT Jorong Barutama Greston. Dalam proses pembongkaran overburden, perusahaan ini menargetkan produksi sebesar 500 BCM/jam untuk tiga fleet. Untuk memenuhi target produksi overburden tersebut, digunakan alat gali muat dan alat angkut yang terbagi dalam tiga fleet, Pada PT BAS ada rencana untuk melakukan peningkatan produksi untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui ada nya kemungkinan untuk meningkatkan produksi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis nilai cycle time dari alat yang beroperasi, kondisi medan kerja, serta sifat material, dan factor-faktor lainnya sehingga dapat diketahui produktivitas alat gali muat caterpillar 09, caterpillar 10, komatsu dan alat angkut dump truck nissan CWB45a secara nyata dilapangan.
Perhitungan dengan data aktual diperoleh besar produktivitas alat gali muat pada tiga fleet sebesar 681,48 BCM/jam, dan untuk produktivitas alat angkut pada tiga fleet sebesar 586,89 BCM/jam. Target produksi alat mekanis sudah tercapai meskipun tidak jauh berbeda hasilnya dengan hitungan aktual dilapangan, maka dari itu dilakukan optimalisasi pada alat mekanis agar produktivitas lebih baik hasilnya, Perbaikan pada alat gali muat dalam tiga fleet sebesar 841,71 BCM/jam, sedangkan perbaikan meningkat untuk alat angkut dalam tiga fleet sebesar 602,31 BCM/jam.
Kata Kunci : Produksi, Optimalisasi, Alat Gali Muat, Alat Angkut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI