DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI PLATFORM PEMENUH TUGAS PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK SAAT PANDEMI COVID-19
PENGARANG:Anisa Nur Rahmawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-20


Anisa Nur Rahmawati. NIM. 1810122220009. 2022. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Sebagai Platform Pemenuh Tugas Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Saat Pandemi Covid-19. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Maruful Kahri, M.Pd. (II) Akhmad Amirudin, S.Pd, M.Pd.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas praktik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK saat pandemi covid-19.

Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen, metode pre-eksperimen digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas terhadap hasil belajara siswa yang meliputi kognitif, psikomotorik dan afektif dalam pembelajaran PJOK.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Banjarbaru yang berjumlah 36 orang. Sampel yang digunakan adalah total sampel yaitu seluruh populasi dijadikan sampel yang dalam satu kelas dibagi menjadi dua kelompok eksperimen yaitu sesi 1 dan sesi 2.

Dari data hasil penelitian yang telah dianalisa maka dapat diketahui nilai t hitung nilai pretest dan posttes kelompok eksperimen sesi 1 dan sesi 2 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 12,383 > 1,739 dan 8,657 > 1,739.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dari perlakuan yang diberikan, yakni penggunaan aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas praktik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK saat pandemi covid-19.

 

Kata Kunci : Aplikasi Youtube, Tugas Praktik, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Era Pandemi Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI