DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMASI DAN ESTIMASI BIAYA PENAMBANGAN DAN PENGOLAHAN BATUBARA DI PT BHUMI RANTAU ENERGI SITE RANTAU, KABUPATEN TAPIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:M. FAISAL RAMADHANI
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-24


M. Faisal Ramadhani : Optimasi dan Estimasi Penambangan dan Pengolahan Batubara Di PT Bhumi Rantau Energi Site Rantau, Kapupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.
PT. Bhumi Rantau Energi (PT BRE) pada Bulan Agustus menargetkan peningkatan produktivitas dari 500 ton per jam menjadi 560 ton per jam. Untuk itu diperlukan evaluasi terhadap ketersediaan umpan, kemampuan pengolahan batubara dan pemuatan batubara produk. Belum adanya referensi biaya pada target baru untuk Pit Cendana Selatan Seam O membuat perlunya estimasi biaya, agar diketahui biaya per-ton pada penambangan batubara (coal getting) dan peremukan batubara (coal crushing). Estimasi biaya yang digunakan ada dua macam, yakni biaya kepemilikan (owning cost) dan biaya operasi (operating cost).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung produktivitas aktual alat mekanis kemudian menganalisanya. Supaya mendapat hasil maksimal, maka diperlukan optimasi untuk menghasilkan target yang diinginkan. Setelah dibuat simulasi untuk kegiatan optimasinya, selanjutnya dilakukan perhitungan trial, dimana setelah trial hasilnya akan dianalisa apakah mencapai target atau tidak. Setelah kegiatan trial mencapai target, akan dilakukan perhitungan estimasi biaya pada kegiatan penambangan batubara dan peremukan batubara.
Pada trial, didapatkan produktivitas alat gali muat pada fleet 1 sebesar 291,376 ton/jam dan fleet 2 sebesar 290,926 ton/jam, dengan produktivitas Pit 583,302 ton/jam. Produktivitas alat umpan pada StockROM unit WL-01 sebesar 577,949 ton/jam. Produktivitas alat gali muat pada Stockcrushed unit WL-02 sebesar 284,598 ton/jam dan pada WL-03 sebesar 284,234 ton/jam, dengan produktivitas Stockcrushed 569,832 ton/jam. Estimasi biaya pada kegiatan coal getting didapat sebesar $ 0,707/ton dan pada kegiatan peremukan batubara (coal crushing) didapat estimasi sebesar $ 0,287/ton.
Kata Kunci : Optimasi, Produktivitas, Estimasi Biaya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI