DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Ahmad Yani Km. 32,5 Akibat Zona Selamat Sekolah (ZOSS) Di SDN 1 Loktabat Utara
PENGARANG:Aulia Husna Anggraini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-20


 Salah satu sekolah di Banjarbaru yang dilengkapi Zona Selamat Sekolah (ZOSS) adalah SDN 1 Loktabat Utara. Kegiatan antar jemput dan angkutan umum yang menurunkan siswa sekolah di lokasi ZOSS menyebabkan terjadinya pengurangan volume ruas jalan sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pelayanan ruas jalansebelum dan tepat pada daerah ZOSS serta pengaruh adanya ZOSS di lokasi SDN 1 Loktabat Utara terhadap kinerja arus lalu lintas Jalan Ahmad Yani Km 32,5.

Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR), survei kecepatan kendaraan untuk melihat tingkat kepadatan pada ruas jalan, serta survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan. Perhitungan menggunakan metode konvensional, dan didapatkan hubungan model terbaik dengan menggunakan model Greenshield. Dari hasil perhitungan terjadi penurunan yang cukup signifikan pada volume maksimum yakni sebesar 31,77 %, pada kecepatan rata-rata terjadi penurunan sebesar 5,01%, dan kepadatan maksimum terjadi kenaikan sebesar 28,13 %. Dari hasil perhitungan Indeks Tingkat Pelayanan pada jam Operasional ZOSS didapatkan ITP D pada Kondisi Sebelum ZOSS. Sedangkan untuk Kondisi tepat pada ZOSS didapatkan ITP E.

 

Kata Kunci: Zona Selamat Sekolah, Analisis Kinerja Arus Lalu Lintas, Indeks Tingkat Pelayanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI