DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gambaran Tingkat Distress Pada Pasien Diabetes Mellitus: Literature Review
PENGARANG:MUHAMMAD DANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-20


ABSTRAK

GAMBARAN TINGKAT DISTRESS PADA PASIEN DIABETES MELLITUS: LITERATURE REVIEW

Dandi, Muhammad

Latar Belakang: Distress merupakan suatu masalah emosional yang berhubungan langsung dengan beban dan kekhawatiran yang di alami penderita dengan penyakit kronis. Distress biasanya ditandai dengan perasaan khawatir, dan frustasi.

Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat distress pada pasien penderita diabetes mellitus dan faktor penyebab distress pada pasien penderita diabetes melitus.

Metode: Literature review dilakukan dengan mencari artikel menggunakan kata kunci melalui database elektronik yaitu PubMed, Google Scholar dan Garuda dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan rentang waktu 2010-2020. Artikel yang memenuhi kriteria inklusi penelitian selanjutnya dilakukan sinteris naratif.

Hasil: Tingginya tingkat distress dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti usia, tingkat pendidikan, penggunaan insulin, lama menderita diabetes, dan gaya hidup yang kurang sehat. Selain itu juga ditemukan beberapa faktor penyebab terjadinya distress yaitu usia, ekonomi, pekerjaan, tingkat pendidikan, kontrol HbA1c, durasi diabetes mellitus, komplikasi, penggunaan insulin, indeks masa tubuh, dan efikasi diri.

Diskusi: Usia dan komplikasi dijelaskan memiki hubungan yang signifikan setelah dilakukan uji statistik pada masing-masing artikel. Penambahan usia mengalami penurunan fisologis secara nyata, antara lain sel mengalami penurunan respon insulin akibat menurunnya reseptor insulin, sehingga berdampak penigkatan gula darah. Komplikasi sangat berperan meningkatkan skor distress diabetes, terlebih jika memiliki dua atau lebih komplikasi.

 

Kata kunci: diabetes mellitus, distress, literature review

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI