DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua melalui Interaksi Orang Tua Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gugus Kemuning Kecamatan Banjarmasin Tengah.
PENGARANG:MUHAMMAD AGUS SAFRIAN NUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-20


ABSTRAK

 

Nur, Muhammad Agus Safrian. 2022. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua melalui Interaksi Orang TuaTerhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gugus Kemuning Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Wahyu, MS. dan (2) Dr. Erny Wahdini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Status sosial ekonomi orang tua,  Pola asuh orang tua, Interaksi orang tua, Keterampilan berbicara anak.

 

Keterampilan dalam berbahasa mempunyai empat aspek keterampilan yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keadaan sosial ekonomi orang tua dapat menimbulkan perbedaan anak dalam bicara. Kondisi lain yang juga menimbulkan perbedaan anak dalam bicara adalah metode pelatihan anak, atau dalam hal ini pola asuh dan interaksi antara orang tua dengan anak. Dari hasil pengamatan dan wawancara di tahun 2020 di Gugus Kemuning Kecamatan Banjarmasin Tengah masih adanya anak yang mulai berkembangdalam tingkat keterampilan berbicaraanak.

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandanmenganalisispengaruh status sosial ekonomi orang tua dan pola asuh orang tua melalui interaksi orang tua terhadap keterampilan bebicara anak.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik regresi (regresi research). Populasi penelitian sebanyak 348 orangtuadan diambil 186 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik item-total correlation, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier, dan analisisjalur.

Hasilpenelitiandisimpulkanbahwa:Status sosial ekonomi orang tua dalam katagori tinggi dengan persentase 43%, pola asuh orang tua dalam kategori sangat baik dengan persentase 81,7%, interaksi orang tua dalam kategori sangat baik dengan persentase 57,5 % dan keterampilan berbicara anak dalam kategori berkembang sesuai harapan 33,3%.(1)terdapathubunganlangsungyangpositif dan signifikan antara status sosial ekonomi keluarga dan interaksi orang tua; pola asuh orang tua dan interaksi orang tua;status sosial ekonomi orang tua dan keterampilan berbicara anak; pola asuh orang tua dan keterampilan berbicara anak; interaksi orang tua dan keterampilan berbicara anak; dan (2) terdapat hubungan tidak langsung yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap keterampilan berbicara anak melalui interaksi orang tua.

Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaorangtua,guru,dankepalasatuan TK teruslah menjalin komunikasi orangtua dengan kegiatan parenting dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI