DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pembelajaran dalam jaringan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Santa Angela Banjarmasin
PENGARANG:DELPI MANIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-20


ABSTRAK

 

Delpi Manik. 2022. Pengaruh Pembelajaran dalam jaringan Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Santa Angela Banjarmasin Tahun Pelajaran 2020/2021. Tesis, Jurusan Magister Pendidikan IPS, Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd. M.Si, Dr. Muhammad Rahmatullah, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Online, Hasil Belajar.

 

            Hasil belajar merupakan penilaian akhir dari proses dan pengetahuan yang tersimpan dalam waktu yang lama atau bahkan tidak akan hilang selamanya karena hasil belajar ikut membentuk kepribadian individu yang selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik sehingga akan mengubah cara berpikir dan menghasilkan perilaku yang lebih baik. Pembelajaran online yang dilakukan sekolah di era covid 19 sangat menarik untuk dipelajari. Secara khusus, seberapa besar pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengkaji apakah pembelajaran online benar-benar mempengaruhi hasil belajar siswa.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran online berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Santa Angela Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Angket dan Tes. Untuk menganalisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana.

            Dari hasil perhitungan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS diketahui nilai f hitung sebesar 4,,signifikan = 0,046, sehingga nilai signifikan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 maka Ho diterima dan H ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa di SMP Santa Angela Banjarmasin sekitar 1,9%. Persentase 1,9% diperoleh dari melihat nilai R Square yang memiliki nilai 0,026 atau setara dengan 2,6%. Sedangkan sebesar 97,4% dipengaruhi oleh faktor lain, atau variabel lain seperti: faktor lingkungan, faktor kondisi fisiologis dan faktor kondisi psikologis siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI