DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KEKRITISAN LAHAN DI SUB DAS MALIAU KECAMATAN DUSUN SELATAN KABUPATEN BARITO SELATAN
PENGARANG:RIZKY IRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-21


RINGKASAN

RIZKY IRIANTI, Analisis Tingkat Kekritisan Lahan di Sub DAS Maliau Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Dibimbing oleh Bapak Ir. H. AHMAD YAMANI, M.P. dan Ibu Dr. Hj. SUSILAWATI, S.Hut, M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik tingkat kekritisan lahan di Sub DAS Maliau Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan.

Pengumpulan data biofisik berupa data sekunder dan primer. Analisis dan pengolahan data berupa penyusunan data spasial unit lahan, pengambilan sampel tanah di lokasi penelitian, penyiapan informasi curah hujan, penyiapan peta status lahan dan fungsi lahan, pengelolaan tanaman (C) dan pengelolaan konservasi (K). Identifikasi tingkat kekritisan lahan berupa perhitungan erosi aktual, Tingkat Bahaya Erosi (TBE) dan penilaian lahan kritis dengan menentukan kriteria lahan atau faktor dan mengklasifikasi tigkat kekritisan lahan berdasarkan total skor.

Berdasarkan perhitungan penilaian lahan kritis didapatlah luas tingkat kekritisan lahan di Sub DAS Maliau Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan pada tingkatan lahan kritis seluas 402,016 ha dengan persen luas 0,97%, tingkat kekritisan lahan pada tingkatan agak kritis seluas 31.434,690 ha dengan persen luas 76,19%, tingkat kekritisan lahan pada tingkatan potensial kritis seluas 3.532,657 ha dengan persen luasan 8,6%, tingkat kekritisan lahan pada tingkat tidak kritis seluas 41.258,548 ha dengan persen luas 14,27%.

 

 

Kata kunci : Analisis tingkat kekritisan lahan, erosi, penilaian lahan kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI