DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:Desy Norrahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-21


Desy Norrahmah. 2022. Kegiatan Keagamaan di Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M. Pd dan Pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

Kegiatan keagamaan yang ada di lingkungan masyarakat tentunya merupakan hal yang penting untuk menanamkan nilai religius kepada masyarakat di tengah kemerosotan moral yang menjadi isu saat ini. Adanya kegiatan keagamaan dapat menjadi jembatan bagi masyarakat agar memperdalam ilmu agama. Selain bagi masyarakat hal ini tentunya juga berperan penting bagi peserta didik agar mereka mengetahui manfaat dan contoh dari adanya lembaga sosial dan interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekitarnya sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang kontekstual dalam mengembangkan pembelajaran.Terkait hal tersebut maka penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kegiatan keagamaan di Kelurahan Banua Anyar, 2) Mendeskripsikan Nilai religius dalam kegiatan keagamaan di Kelurahan Banua Anyar, 3) Mendeskripsikan kegiatan keagamaan di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS.                                            

Pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan keagamaan di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke lokasi penelitian tadarus Al-Qur’an, anggota yasinan, dan masyarakat sekitar Kelurahan Banua Anyar, serta akademisi, dan dokumentasi dilakukan saat melakukan observasi. Instrumen penelitian adalah peneliti mengembangkan pedoman wawancaranya sendiri dan terjun langsung ke lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk uji keabsahan data.

Hasil penelitian terkait kegiatan keagamaan di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS adalah sebagai berikut: 1) Peneliti menggambarkan bahwa masih ada beberapa kegiatan keagamaan yang  dilaksanakan secara rutin di Kelurahan Banua Anyar, seperti halnya adanya kegiatan majelis taklim, tadarus Al-Qur’an, dan yasinan. 2) Dengan dilaksanakannya kegiatan keagamaan maka akan terdapat nilai religius di suatu masyarakat terkait bagaimana hubungan manusia dengan tuhannya, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan sesama manusia. 3) Kegiatan keagamaan di Kelurahan Banua Anyar dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII semester 1 pada materi interaksi sosial karena dengan adanya kegiatan keagamaan tentunya masyarakat saling berinteraksi satu sama lain, baik dalam berkomunikasi maupun bekerja sama, sehingga peserta didik dapat mengambil contoh dari lingkungan sekitarnya.

Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Nilai Religius, Sumber Belajar IPS

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI