DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENANGANAN ANAK JALANAN OLEH DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN (Studi Rehabilitasi Sosial Dasar di Rumah Singgah Baiman)
PENGARANG:Wanda Hamidah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-21


Wanda Hamidah 1810411320032 : “Efektivitas Penanganan Anak Jalanan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin (Studi Rehabilitasi Sosial Dasar di Rumah Singgah Baiman)”  Di Bawah Bimbingan Erma Ariyani.

Penelitian ini berangkat dari terjadinya peningkatan jumlah anak jalanan setiap tahunnya dan terjadi penurunan anak jalanan yang memperoleh penanganan rehabilitasi sosial dasar untuk mengembalikan fungsi sosial anak jalanan di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan : 1) menganalisis efektivitas penanganan anak jalanan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin terutama rehabilitasi sosial dasar di Rumah Singgah Baiman. 2) mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat dalam proses penanganan anak jalanan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin terutama rehabilitasi sosial di Rumah Singgah Baiman. Peneliti menggunakan teori efektivitas, yaitu 1) Ketepatan Sasaran Program, 2) Sosialisasi Program, 3) Keberhasilan Tujuan dan 4) Pemantauan Program untuk mengukurEfektivitas Penanganan Anak Jalanan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin (Studi Rehabilitasi Sosial Dasar di Rumah Singgah Baiman).

Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : Penanganan anak jalanan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin terutama pada rehabilitasi sosial dasar di Rumah Singgah Baiman belum dapat dikatakan efektif. Sedangkan faktor penghambat pada faktor internalnya yaitu anggaran yang terbatas, belum ada inovasi, terbatasnya daya mampu Rumah Singgah Baiman dan belum ada sanksi tegas bagi kasus yang terulang. Sedangkan untuk faktor eksternal yaitu berasal dari anak jalanan yaitu faktor lingkungan dan kurangnya minat anak jalanan dalam memperoleh rehabilitasi sosial.

Penelitian ini menyarankan : 1) perlu adanya kebijakan khusus diluar kebijakan tentang PPKS untuk dapat mengatur tentang penanganan anak jalanan di kota Banjarmasin. 2) perlu adanya inovasi dalam penanganan dan update terbaru mengenai angka anak jalanan yang ada di kota Banjarmasin. 3) perlu peningkatan daya rumah singgah baiman untuk melakukan rehabilitasi terutama pelatihan dan pendidikan bagi anak jalanan dan PPKS lainnya.

Kata Kunci : Efektivitas, Anak Jalanan, Rumah Singgah Baiman, Rehabilitasi Sosial Dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI