DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DALAM HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU SD NEGERI DI KECAMATAN CANDI LARAS SELATAN KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:Wina Novita
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-21


Novita, Wina.2022. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Kerja dan Profesionalitas Guru SD Negeri di Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D, Dr. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah, Iklim Sekolah, Motivasi, Profesionalitas Guru

Profesionalitas guru merupakan aspek penting sebab sangat menentukan kualitas proses belajar mengajar. Namun fenonema di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang dinilai memiliki profesionalitas rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kepemimpinan Transformasional, Iklim Sekolah, Motivasi, Profesionalitas Guru SD Negeri di Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin, 2) Menganalisis hubungan langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan profesionalitas guru; Iklim sekolah dan profesionalitas guru; motivasi kerjadan profesionalitas guru; kepemimpinan transformasional kepala sekolah  dan motivasi kerja guru; iklim sekolah dan motivasi kerja. 3)Hubungan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan profesionalitas guru melalui motivasi kerja; Iklim sekolah dan profesionalitas guru melalui motivasi kerja.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin sebanyak 116 orang dengan sampel sebanyak 90 orang ditentukan secara acak proporsional. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan: 1).Kepemimpinan Transformasional kepala Sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja tergolong tinggi, sedangkan profesionalitas guru tergolong sedang. 2) Terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan profesionalitas guru; iklim sekolah dan profesionalitas guru; motivasi kerja dan profesionalitas guru; kepemimpinan transformasional kepala sekolah danmotivasi kerja; iklim sekolah danmotivasi kerja guru, 3) Terdapat hubungan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah danprofesionalitas guru melalui motivasi kerja guru;  iklim sekolah dengan profesionalitas guru melalui motivasi kerja guru.

Hendaknya guru lebih sering melakukan penelitian tindakan kelas, tidak hanya pada saat pengurusan kenaikan pangkat saja. Sebab biasanya penelitian tindakan kelas diterapkan dengan menggunakan model atau metode pembelajaran baru. Dengan demikian, maka model atau metode pembelajaran akan lebih bervariasi dan mampu memicu kreatifitas guru dalam mengajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI