DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI MTsN SE-KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:AKHMAD KARYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-22


ABSTRAK

Karyadi, Akhmad. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior di MTsN Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pembimbing: Prof. Dr. Wahyu, MS, dan Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Iklim kerja, Motivasi, OCB

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya Organizational Citizenship Behavior guru MTsN Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sehingga perlu ada upaya untuk meningkatkan Organizational Citizenship Behavior guru.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis jalur. Populasi penelitian adalah semua guru MTsN se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 350 orang dengan sampel sebanyak 187 orang ditentukan menggunakan proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi kerja dan Organizational citizenship behavior guru termasuk kategori tinggi, sedangkan iklim kerja termasuk kategori sedang, 2) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,718, 3) Iklim kerja secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja sebesar 0,154, 4) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior guru sebesar 0,748, 5)   Iklim kerja secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior guru sebesar 0,221, 6) Motivasi kerja secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior guru sebesar 0,199, 7) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara tidak langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior guru melalui motivasi kerja guru sebesar 0,142, 8) Iklim kerja secara tidak langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior guru melalui motivasi kerja guru sebesar 0,031.

          Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari kepemimpinan instruksional, iklim kerja dan motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior guru di MTsN se Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Hendaknya kepala sekolah mempertahankan gaya kepemimpinan yang diterapkan saat ini sebab kepemimpinan instruksional terbukti memberikan pengaruh positif yang kuat terhadap motivasi kerja guru, dan guru diberikan kebebasan dalam menentukan metode dan media pembelajaran, sebab hal tersebut dapat memicu terbentuknya iklim kerja yang kondusif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI