DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Awal Penentuan Fe(II) secara Spektrofotometri berdasarkan Sifat Katalitiknya Pada Reaksi Reduksi Metilen Biru oleh Asam Askorbat Menggunakan Response Surface Methodology
PENGARANG:Muhammad Ihsan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-22


STUDI AWAL PENENTUAN Fe(II) SECARA SPEKTROFOTOMETRI BERDASARKAN SIFAT KATALITIKNYA PADA REAKSI REDUKSI METILEN BIRU OLEH ASAM ASKORBAT MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (Oleh Muhammad Ihsan; Pembimbing: Dewi Umaningrum dan Umi Baroroh Lili Utami: 2022; 62 halaman)

Telah dilakukan penelitian tentang penentuan Fe(II) dengan spektrofotometer UV-Vis untuk mengetahui sifat katalitiknya pada reaksi reduksi metilen biru oleh asam askorbat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam askorbat, metilen biru dan Fe(II) terhadap 1 per waktu kesetimbangan dan menentukan tingkat ketepatan dan ketelitian penentuan Fe(II) secara spektrofotometri berdasarkan sifat katalitiknya pada reaksi reduksi metilen biru oleh asam askorbat. Prosedur dilakukan dengan menggunakan RSM Box-Behnken Design (BBD) dengan tiga faktor (konsentrasi asam askorbat, konsentrasi metilen biru, dan konsentrasi Fe(II)). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang linear antara konsentrasi Fe(II) terhadap waktu kesetimbangan yang terukur. Ketepatan dan ketelitian yang diperoleh adalah 97,52% dan 110,75%. Nilai ketepatan dan ketelitian menujukkan bahwa metode analisis ini memiliki tingkat kecermatan yang baik.

Kata Kunci: Asam askorbat, metilen biru; Fe(II); spektrofotometer UV-Vis; reaksi katalitik; Box-Behnken Design

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI