DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEDUDUKAN TANAH MASYARAKAT YANG DIJADIKAN TAMBAK ATAU KOLAM DI HUTAN LINDUNG SUAKA MARGASATWA KUALA LUPAK KECAMATAN TABUNGANEN KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD YAHYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-22


 

KEDUDUKAN TANAH MASYARAKAT YANG DIJADIKAN TAMBAK ATAU KOLAM DI HUTAN LINDUNG SUAKA MARGASATWA

 

KUALA LUPAK  KECAMATAN TABUNGANEN

 

KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI

 

KALIMANTAN SELATAN

 

 

 

 

 

           Muhammad Yahya

 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status kepemilikan tanah adat yang berada di hutan lindung Suaka Margasatwa Kuala Lupak agar masyrakat adat tidak takut untuk mendaftarkan tanah mareka ke Kantor Pertanahan Barito Kuala dan untuk mengetahui bargai cara agar tanah masyarakat adat yang berada di hutan lindung Suaka Margasatwa Kuala Lupak dapat dikelola. Penelitian ini merupakan penelitian normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti dan menggunakan bahan hukum kepustakaan. Tipe Penelitian menggunakan Sinkronisasi dari peraturan Perundang-Undangan yang mengatur tentang tanah masyarakat yang berada di wilayah hutan lindung dan hukum adat setempat. Penelusuran bahan hukum dilakukan dengan membaca, melihat, mendengarkan, maupun melalui penelusuran menggunakan media internet yang disusun berdasarkan pokok permasalahan dalam penelitian hukum ini.

 

Berdasarkan hasil dari penelitian ini: Pertama, para pemegang hak atas tanah yang berada dalam kawasan hutan lindung yang telah mempunyai sertipikat hak milik telah dijamin oleh perlindungan hak asasi warga masyarakat di bidang hak atas kepemilikan tanah dan dari sisi hukum agraria telah dijamin haknya dan mendapatkan perlindungan hukum yang diatur dalam ketentuan Undang-Undang Pokok Agraria . Kedua, Penetapan kawasan hutan lindung Suaka Margasatwa Kuala Lupak tidak dilakukannya penyelesaian hak-hak pihak ketiga setelah ditetapkannya kawasan Hutan Lindung Suaka Margasatwa Kuala Lupak.

 

 

 

Kata Kunci : Tanah Adat, Hutan Lindung, Suaka Margasatwa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI