DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Media Komunikasi Berbasis Website ( Studi pada Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Gambut PJJ )
PENGARANG:HERMAWAN AKHMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-22


Hermawan Akhmad, D1C115016, Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Media Komunikasi Berbasis Website ( Studi pada Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Gambut PJJ). Dibimbing oleh Ibu Atika dan Ibu Lalita Hanief.

            Penelitian ini terbentuk berdasarkan adanya keingintahuan dalam benak peneliti dalam dunia Pendidikan, perihal pembelajaran secara jarak jauh atau online. Perkembangan teknologi dan informasi dilakukan oleh berbagai instansi pendidikan agar menjadi solusi yang tepat bagi keterbatasan informasi sehingga salah satunya pemanfaatan media komunikasi. Juga kehadiran teknologi informasi dan komunikasi dirasakan cukup memudahkan manusia dalam melakukan komunikasi termasuk dalam bidang ilmu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh instansi pendidikan tersebut.

Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel guru ditetapkan 44 responden dari populasi 47 responden. Sedangkan sampel siswa 198 responden dari populasi 457 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhasan dengan presisi kepercayaan 5%. Teknik analisisyang digunakan yaitu menggunakan perhitungan skala likert. Penelitian ini menggunakan teori new media.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh melalui media komunikasi berbasis website pada guru termasuk dalam kategori tidak setuju, karena berada diantara skor 1079-1541 yaitu 1529. Sedangkan, pembelajaran jarak jauh melalui media komunikasi berbasis website pada siswa termasuk dalam kategori setuju, karena berada diantara skor 3961-5149 yaitu 4976.

Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Media Komunikasi, Website

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI