DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDA CAHAYA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


PERAN BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM DI KOTA BANJARMASIN

Maulida Cahaya Sari

                               ABSTRAK

Pemilihan umum merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat bagi negara demokrasi. Tolak ukur kesuksesan pemilihan umum diantaranya ditentukan oleh partisipasi politik masyarakat. Dalam rangka meningkatkan partisipasi politik masyarakat, maka disetiap pemerintah daerah termasuk Kota Banjarmasin dibentuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Umum di Kota Banjarmasin serta implikasi hukumnya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif yaitu penelitian terhadap data sekunder yang berupa bahan-bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang dikumpulkan dengan cara studi kepustakaan. Kemudian data sekunder yang telah terkumpul diolah dan dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa mekanisme yang ditempuh oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin dalam meningkatkan partisipasi politik pada pemilihan umum adalah melakukan pendidikan, politik, dan sosialisasi. Politik kepada masyarakat dengan melibatkan tokoh agama. Kemudian tidak ada implikasi hukumnya apabila Badan Kesatuan Bangsa dan Politik tidak berhasil meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilihan umum.

 

Kata Kunci : Peran, Kesbangpol, Partisipasi Politik, Pemilu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI