DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)
PENGARANG:ACHMAT ERJA RIZALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


ABSTRAKSI

Achmat Erja Rizaldy (2021). Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara).

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi terkait kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah oleh Bagian Keuangan dan Aset sebagai penanggung jawab pengelolaan keuangan di Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara selaku salah satu instansi pemerintah daerah di lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Total responden penelitian ini terdapat 9 orang yang meliputi 8 orang pegawai Bagian Keuangan dan Aset Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan 1 orang pegawai Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pengumpulan data-data penelitian dilakukan melalui proses wawancara semi-terstruktur kepada masing-masing responden selama kurang lebih 20 menit dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Pengumpulan data juga dilaksanakan dengan teknik observasi terhadap aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan topik penelitian, serta melaksanakan studi pustaka terhadap beberapa dokumen yang terkait dengan penelitian. Hasil wawancara dan data-data yang sudah didapat dianalisis dengan metode deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh Bagian Keuangan dan Aset Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah cukup baik. Penerapan sistem akuntansi keuangan daerah oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara telah berpedoman pada Permendagri No. 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara No. 51 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara No. 22 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntansi Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kata Kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, SistemAkuntansi Keuangan Daerah, Pemerintah Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI